-->

Minggu, 04 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran              :     KIMIA
Kelas / Semester          :     XII (Duabelas) / 1 (satu)
Pertemuan Ke-             :     1
Materi                            :     Sifat Koligatif Larutan
Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit


I.    Standar Kompetensi      :     Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit
II.   Kompetensi Dasar          :     1.1.      Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis, termasuk sifat koligatif larutan.
                                                      1.2.      Membandingkan antara sifat koligatif laarutan nonelektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan.
III.  Indikator                        
A.      Kognitif
1.     Produk:
a.   Menghitung konsentarsi suatu larutan (molaritas, molalitas, dan fraksi mol)
b.   Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult)
c.   Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
d.   Menghitung tekanan uap larutan non elektrolit berdasarkan percobaan
2.     Proses:
a.   Melaksanakan eksperimen untuk mengitung tekanan uap larutan elektrolit
1)      merumuskan hipotesis
2)      mengidentifikasi variabel manipulasi
3)      mengidentifikasi variabel respon
4)      mengidentifikasi  variabel kontrol
5)      melaksanakan eksperimen
6)      mengisi tabel pengamatan
7)      melakukan analisis data
8)      merumuskan kesimpulan
b.   Menentukan besarnya tekanan uap jenuh berdasarkan percobaan
B.      Psikomotor
1.      Melakukan langkah kerja percobaan dengan benar
2.      Mengukur suhu dengan memakai termometer
C.      Afektif
1.    Karakter
a.   jujur,
b.   tanggung jawab,
c.   hati-hati,
d.   teliti.
2.    Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
IV. Tujuan Pembelajaran: 
A.     Kognitif
1.   Produk:
a.   Mampu menghitung konsentarsi suatu larutan (molaritas, molalitas, dan fraksi mol)
b.   Mampu menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult)
c.   Mampu menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
d.   Mampu menghitung tekanan uap larutan non elektrolit berdasarkan percobaan
2.   Proses  
     Disediakan alat dan bahan percobaan untuk mengamati  penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis. Proses (merumuskan hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, melakukan analisis, dan membuat kesimpulan)
B.   Psikomotor
1.    Disediakan alat yang sesuai dengan tujuan pengamatan, (LKS-1)
2.    Disediakan bahan yang sesuai dengan tujuan pengamatan, (LKS-1)
C.   Afektif
1.  Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2.  Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V.      Materi Ajar
Molaritas, molalitas, faraksi mol, penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik
VI.     Model dan Metode Pembelajaran:
         Model Pembelajaran      :     Model Pembelajaran Kooperatif
         Metode Pembelajaran   :     Diskusi dan pemberian tugas
VII.    Bahan
Larutan BaCl2, garam dapur kasar, potongan es kecil, garam dapur 0,2 M, glukosa 0,2 M
VIII.   Alat : 
Gelas kimia, termometer, sendok, tabung reaksi, aquades pengaduk kaca, pembakar spiritus, kaki tiga
IX.  Proses Belajar Mengajar
A.   Pendahuluan

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.    Memotivasi siswa dengan memberi pertanyaan, Mengapa saat membuat es krim perlu ditambahkan garam? Kemudian ditanya bagaimana cara menghitung konsentarasi (molaritas) jika diketahui massa dan Mr-nya?
2.    Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter




B.   Inti

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Penggalan 1
1.    Menunjukkan definisi dan cara menghitung molaritas, molalitas, dan fraksi mol 
Penggalan 2
2.    Menyajikan  informasi  tentang sifat koligatif larutan non elektrolit dan hubungan konsentrasi lalutan dengan sifat koligatif larutan melalui perhitungan
3.    Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan   LKS-1
4.    Membimbing siswa merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang telah diberikan dengan cara meminta siswa jujur mengatakan bila belum dapat merumuskan hipotesis.  
5.    Membimbing   siswa   mengidentifikasi   variabel  manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara menunjuk siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya.  
Penggalan 3
6.    Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan LKS yang telah dibagikan
7.    Membimbing siswa melakukan langkah kerja dengan hati-hati
8.    Meminta masing-masing siswa dalam setiap kelompok agar   bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu.  
9.    Melakukan evaluasi formatif dengan asesmen kinerja psikomotor dengan cara meminta siswa menunjukkan keterampilan menghitung tekanan uap larutan
Penggalan 4
10.  Membimbing kelompok  melakukan analisis dengan mengacu pada LKS-1. Ditekankan perlunya mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini.  
11.  Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat diminta guru.
12.  Membimbing kelompok berkomunikasi untuk menyampaian pendapat dalam menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS-1.
13.  Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain.
14.  Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.











C.   Penutup

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.    Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR tentang menghitung Konsentarasi larutan dan sifat koligatif larutan nonelektrolit





XI.   Sumber Pembelajaran
1.    LKS 1  SMA: Sifat Koligatif Larutan
2.    Kunci LKS – 1 : Sifat Koligatif Larutan
3.    LP 1: Produk, dilengkapi Kunci LP 1
4.    LP 2: Proses
5.    LP 3: Psikomotor
6.    LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
7.    LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
8.    Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
9.    Silabus

Daftar Pustaka
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston: Pearson Prentice Hall.


                                                                              Dibuat di                  :       Muara Teweh
                                                                              Pada Tanggal          :       01 Juli 2010


                            Mengetahui :
          Kepala SMA Negeri – 2 M.Teweh,                                   Guru Bidang Studi,





   H. HERY JHON SETIAWAN, S.Pd., M.Pd.              ESDI PANGGANTI, S.Pd., M.Pd.
               NIP. 19671119 199512 1 004                               NIP. 19760824 200504 1 003







LP 4 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:

Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik                                               B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
 A
 
C
D
Keterangan
1
Jujur





2
Tanggungjawab





3
Hati-hati





4
Teliti






                                                                    Muara Teweh,                  2010
                                                                                     Pengamat
                                                                                                           



                                                                             ( …………………. )





Sumber: Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.


LP 5: KETERAMPILAN SOSIAL

Format Pengamatan Keterampilan Sosial

Siswa:                                                     Kelas:                                          Tanggal:

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik                                               B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan                                       D = memerlukan perbaikan

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
A
B
C
D
Keterangan
1
Bertanya





2
Menyumbang ide atau pendapat





3
Menjadi pendengar yang baik





4
Komunikasi





                                                                                            
                                                                                            
                                                                    Muara Teweh,                  2010
                                                                                     Pengamat
                                                                                                           




                                                                             ( …………………. )



Sumber: Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.

0 komentar:

Posting Komentar