Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / 1 (satu)
Pertemuan Ke- : 1
Materi : Sifat Koligatif Larutan
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi : Menjelaskan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit
II. Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis, termasuk sifat koligatif larutan.
1.2. Membandingkan antara sifat koligatif laarutan nonelektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan.
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk:
a. Menghitung konsentarsi suatu larutan (molaritas, molalitas, dan fraksi mol)
b. Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult)
c. Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
d. Menghitung tekanan uap larutan non elektrolit berdasarkan percobaan
2. Proses:
a. Melaksanakan eksperimen untuk mengitung tekanan uap larutan elektrolit
1) merumuskan hipotesis
2) mengidentifikasi variabel manipulasi
3) mengidentifikasi variabel respon
4) mengidentifikasi variabel kontrol
5) melaksanakan eksperimen
6) mengisi tabel pengamatan
7) melakukan analisis data
8) merumuskan kesimpulan
b. Menentukan besarnya tekanan uap jenuh berdasarkan percobaan
B. Psikomotor
1. Melakukan langkah kerja percobaan dengan benar
2. Mengukur suhu dengan memakai termometer
C. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
IV. Tujuan Pembelajaran:
A. Kognitif
1. Produk:
a. Mampu menghitung konsentarsi suatu larutan (molaritas, molalitas, dan fraksi mol)
b. Mampu menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan nonelektrolit (hukum Raoult)
c. Mampu menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
d. Mampu menghitung tekanan uap larutan non elektrolit berdasarkan percobaan
2. Proses
Disediakan alat dan bahan percobaan untuk mengamati penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis. Proses (merumuskan hipotesis, variabel manipulasi, variabel respon, variabel kontrol, melaksanakan eksperimen, mengisi tabel pengamatan, melakukan analisis, dan membuat kesimpulan)
B. Psikomotor
1. Disediakan alat yang sesuai dengan tujuan pengamatan, (LKS-1)
2. Disediakan bahan yang sesuai dengan tujuan pengamatan, (LKS-1)
C. Afektif
1. Karakter:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial:
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
V. Materi Ajar
Molaritas, molalitas, faraksi mol, penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik
VI. Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : Diskusi dan pemberian tugas
VII. Bahan
Larutan BaCl2, garam dapur kasar, potongan es kecil, garam dapur 0,2 M, glukosa 0,2 M
VIII. Alat :
Gelas kimia, termometer, sendok, tabung reaksi, aquades pengaduk kaca, pembakar spiritus, kaki tiga
IX. Proses Belajar Mengajar
A. Pendahuluan
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Memotivasi siswa dengan memberi pertanyaan, Mengapa saat membuat es krim perlu ditambahkan garam? Kemudian ditanya bagaimana cara menghitung konsentarasi (molaritas) jika diketahui massa dan Mr-nya? 2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, keterampilan sosial, dan karakter |
B. Inti
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
Penggalan 1 1. Menunjukkan definisi dan cara menghitung molaritas, molalitas, dan fraksi mol Penggalan 2 2. Menyajikan informasi tentang sifat koligatif larutan non elektrolit dan hubungan konsentrasi lalutan dengan sifat koligatif larutan melalui perhitungan 3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS-1 4. Membimbing siswa merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang telah diberikan dengan cara meminta siswa jujur mengatakan bila belum dapat merumuskan hipotesis. 5. Membimbing siswa mengidentifikasi variabel manipulasi, variabel respon, dan variabel kontrol, dengan cara menunjuk siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya. Penggalan 3 6. Membimbing kelompok melaksanakan eksperimen menggunakan LKS yang telah dibagikan 7. Membimbing siswa melakukan langkah kerja dengan hati-hati 8. Meminta masing-masing siswa dalam setiap kelompok agar bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu. 9. Melakukan evaluasi formatif dengan asesmen kinerja psikomotor dengan cara meminta siswa menunjukkan keterampilan menghitung tekanan uap larutan Penggalan 4 10. Membimbing kelompok melakukan analisis dengan mengacu pada LKS-1. Ditekankan perlunya mendengarkan ide teman dalam tugas analisis ini. 11. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik agar dapat menanggapi saat diminta guru. 12. Membimbing kelompok berkomunikasi untuk menyampaian pendapat dalam menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS-1. 13. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. 14. Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. |
C. Penutup
Kegiatan | Penilaian oleh Pengamat | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |
1. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat rangkuman dan memberi PR tentang menghitung Konsentarasi larutan dan sifat koligatif larutan nonelektrolit |
XI. Sumber Pembelajaran
1. LKS 1 SMA: Sifat Koligatif Larutan
2. Kunci LKS – 1 : Sifat Koligatif Larutan
3. LP 1: Produk, dilengkapi Kunci LP 1
4. LP 2: Proses
5. LP 3: Psikomotor
6. LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter
7. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial
8. Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
9. Silabus
Daftar Pustaka
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston : Allyn & Bacon.
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston : Pearson Prentice Hall.
Dibuat di : Muara Teweh
Pada Tanggal : 01 Juli 2010
Mengetahui :
Kepala SMA Negeri – 2 M.Teweh, Guru Bidang Studi,
H. HERY JHON SETIAWAN, S.Pd., M.Pd. ESDI PANGGANTI, S.Pd., M.Pd.
NIP. 19671119 199512 1 004 NIP. 19760824 200504 1 003
LP 4 : KARAKTER
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Siswa: Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D = memerlukan perbaikan
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | A | B | C | D | Keterangan |
1 | Jujur | |||||
2 | Tanggungjawab | |||||
3 | Hati-hati | |||||
4 | Teliti |
Muara Teweh, 2010
Pengamat
( …………………. )
Sumber: Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston : Allyn & Bacon.
LP 5: KETERAMPILAN SOSIAL
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Siswa: Kelas: Tanggal:
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
A = sangat baik B = Memuaskan
C = menunjukkan kemajuan D = memerlukan perbaikan
No | Rincian Tugas Kinerja (RTK) | A | B | C | D | Keterangan |
1 | Bertanya | |||||
2 | Menyumbang ide atau pendapat | |||||
3 | Menjadi pendengar yang baik | |||||
4 | Komunikasi |
Muara Teweh, 2010
Pengamat
( …………………. )
Sumber: Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston : Allyn & Bacon.
0 komentar:
Posting Komentar