BAB 1
PENDAHULUAN
1.
LATAR
BELAKANG
Sekitar 300 tahun yang lalu John Locke menyatakan bahwa
anak-anak memerlukan hal-hal praktisi dalam pendidikannya. Ilmu kimia adalah
ilmu yang berlandaskan eksprimen, sejak tahun 1882 Kementrian Pendidikan
Kerajaan Inggris memgumumkan bahwa
pembelajaran sains di sekolah harus disertai praktikum. Namun kebanyakan orang
selalu melakukan demonstrasi eksperimennya saja tanpa melakukan dan mencoba
praktikum itu sendiri. Pada tahun 1960-1970 pengaruh pembaharuan terhadap
praktikum menjadikan salah satu cara belajar yang efektif dan menyenangkan.
Laboratorium juga sebagai sarana belajar untuk menunjang keberhasilan
pembelajaran kimia. Dalam pelajaran kimia, praktikum deskripsi, teori dipadukan
dan saling berkaitan dalam hal tertentu. Praktikum digunakan untuk
menyelesaikan, melihat persoalan, mengembangkan pola konsep dan teori, bukan
mengilustrasikan teori atau materi yang sudah diajarkan.
Melihat
kenyataan dilapangan bahwa kurangnya keinginan guru IPA pada umumnya yang
kurang memberikan perhatian pada praktikum, maka diadakan kunjungan ke Pudak
Scientific (tempat produksi alat peraga pendidikan). Selain dari itu melihat
pentingnya kegiatan praktikum apalagi pada pelajaran-pelajaran exact, dan kita
sebagai mahasiswa fakultas tarbiyah yang nantinya akan menjadi seorang guru
merupakan hal yang wajib untuk mengetahui pengetahuan yang berkaitan dengan
laboratorium.
Pudak adalah nama salah satu jenis bunga yang
sangat harum baunya dan umumnya tumbuh di pulau Jawa. Pudak Scientifict didirikan
pada tahun 1979 di Bandung. Sejak awal, Pudak Scientifict memiliki tujuan untuk
menjadi mitra terpercaya dalam bidang alat pendidikan, Pudak Scientifict melakukan pengembangan, produksi dan
distribusi berbagai jenis produk alat peraga pendidikan untuk jenjang
pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan termasuk
juga Universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pudak Scientifict memiliki lebih dari 3000 item produk dengan 30000
komponen/suku cadang. Produk mulai dari alat peraga sederhana sampai dengan
Trainer System yang canggih. Mulai dari alat tunggal (single item) sampai
dengan set alat berupa Kit Modular. Pada saat ini Pudak ada yang di
jalan Pudak dan ada juga yang di Gedebage. Saat ini luas Pudak menempati areal seluas 3,2 hektar dan bangunan seluas
12.000 m2 untuk kegiatan administrasi, fasilitas produksi dan
gudang. Dan saat ini ± 500 orang staff
dan tenaga ahli dikombinasikan dengan teknik produksi dan manajemen yang modern
menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.
2.
RUMUSAN MASALAH
Pengetahuan,
terutama keterampilan tidak dapat diperoleh hanya dengan membaca buku dan
mendengarkan penjabaran secara lisan. Akan sangat memudahkan bagi siswa
untuk belajar dengan sesuatu yang nyata, dibandingkan dengan hanya kata-kata
dan atau sesuatu yang abstrak. Disini alat peraga pendidikan memegang peranan
penting untuk menjadikan proses belajar yang efektif. Penting juga untuk
mengetahui cara pembuatan dari alat peraga pendidikan.
3.
TUJUAN
Makalah
ini disusun dengan tujuan:
Salah satu media untuk
memahami jawaban atas problematika pengelolaan laboratorium sebagai sarana untuk menambah wawasan
mengenai ilmu exact yng banyak didapatkan dari praktikum.
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada
mata kuliah pengelolaan laboratorium pada program studi Pendidikan Kimia
semester 2.
Salah satu fasilitas menumbuhkembangkan
kompetensi peningkatan kemampuan pengetahuan sikap, nilai, dan keterampilan
agar direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari
Menyadarkan
akan keterbatasan alat.
Melatih
keterampilan dalam menggunakan alat gelas, zat kimia, dan instrumen.
Mengetahui
cara pembuatan alat peraga pendidikan MIPA, termasuk alat-alat kimia seperti
dalam pembuatan gelas kimia, tabung reaksi dan sebagainya.
Membiasakan
dengan alat-alat dan teknik yang berkaitan dengan bagian dari konsep yang abstrak.
BAB II
PEMBAHASAN
Pudak
Scientific dengan segenap usaha mengembangkan alat peraga pendidikan yang
dirancang dan dikembangkan secara menyeluruh sesuai prinsip ilmiah dan
kepadanan pada metode dan didaktika mulai tingkat dasar sampai tingkat lanjut.
Pada
saat kami melakukan kunjungan ke Pudak, kami di bagi menjadi empat kelompok,
dari beberapa kelompok tersebut ada yang melihat-lihat di gudang bahan baku, gudang
komponen, tempat perakitan, tempat packing, tempat pemeriksaan, showroom, ke
ruang CNC, atau di tempat pendistribusian. Di ruang pengemasan dan pengiriman
barang banyak sekali barang-barang yang sudah siap untuk dikirim ke berbagai
daerah, salah satunya ada hidrostatika dan panas, mikroskop, globe, kit, alat
penyambung rangkaian listrik, dan sebagainya. Di ruang perakitan salah satunya
ada standbase, karet, plastik, balok gesek, plat besi, plat aluminium,
perakitan motor, dan sebagainya.
Saat
kunjungan ke pudak ada satu ruangan yang
dilarang diambil fotonya, ruang tersebut
adalah ruang CNC. Di ruangan tersebut terdapat mesin-mesin yang diprogram untuk
membuat peralatan-peralatan laboratorium,
baik itu kit maupun peralatan-peralatan lainnya.
Hampir keseluruhan peralatan
pendidikan dihasilkan sendiri di pabrik Pudak. Pengelolaan yang baik
digabungkan dengan “cost effective manufacturing process”, menghasilkan
kualitas produk yang konsisten dengan biaya produksi yang rendah. Sehingga
menghasilkan produk berkualitas dengan harga kompetitif yang merupakan
keuntungan bagi kustomer.
Produk peralatan pendidikan produksi
Pudak Scientific sudah digunakan secara luas pada sekolah-sekolah negeri maupun
swasta di seluruh Indonesia, dan telah di ekspor ke berbagai Negara tetangga.
Seperti ke negara-negara di kawasan Asia dan sebagian Negara yang ada di Eropa,
seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, Jerman, Inggris dan lainnya.
Staff
penjualan dan pemasaran yang dinamis dengan sistem otomasi database sales siap
melayani customer dengan cepat dan terpercaya.
Pudak
hanya memiliki satu kantor cabang yang ada di Jakarta, tetapi untuk pemasaran
pudak memiliki agen-agen distributor. Dan harga jual dari produk-produk pudak
baik yang dibeli di pudak langsung, di agen-agen, maupun di toko-toko memiliki
harga jual yang sama.
Di
Pudak produk alat peraga dibuat mulai dari desain rancangan CAD, pembuatan
prototype, pemesinan dengan CNC, pembuatan matres plastik dan seterusnya sampai
selesai dengan didukung oleh divisi dibawah ini:
Divisi Perakitan
Mekanika
Divisi Perakitan
Elektronika
Divisi Pengerjaan Gelas
Divisi Pengerjaan Logam
Divisi Mould Making
Divisi Plastik
Divisi Pengerjaan Kayu
Divisi Optika
Divisi Kualitas Kontrol
(QC)
Komponen-komponen peralatan yang dibuat
dari material berkualitas sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan
tahan lama, antara lain:
Glassware menggunakan bahan kaca borosilikat untuk tahan
panas.
Lensa, prisma dan balok kaca dari bahan kaca optik.
Komponen plastik
cetakan menggunakan plastik ABS dan PS-HI untuk kekuatan/ daya tahan dan
plastik SAN atau PC untuk komponen transparan.
Baja nirkarat digunakan untuk menggantikan penggunaan besi
berlapis cat atau krom.
Alumunium cetak Die cast dan Alumunium ekstruksi yang
di-Anodized.
Konektor bahan kuningan berlapis nikel untuk resistansi yang
minimum.
Cat serbuk (powder coating) digunakan pada komponen berbahan
besi untuk tahan karat dan tahan gores.
Pudak
menyediakan peralatan sains yang terdiri dari:
Ilmu Pengetahuan Alam
(Fisika, Kimia, Biologi).
Matematika.
Alat Pelatihan
Vocational.
Furnitur untuk
Laboratorium.
Contoh
dari Peralatan Sains berdasarkan jenjang pendidikan, antara lain:
Level Usia Dini
Dibuat
dari kayu ditujukan untuk alat bantu ajar pada anak usia dini dalam program
PADU (Produk dengan seri APE).
Level Sekolah Dasar dan
setaranya
Kit
IPA - SD dan SEQIP (alat peraga sains komplit yang dikemas dalam lemari)
Level Pendidikan SMP
(kelas 7-9) dan setaranya
Kit
Fisika mencakup optik, mekanik, elektrik, hidrostatik dan panas. Kit Kimia (
kit materi dan perubahannya) untuk pengenalan dasar kimia termasuk destilasi
dan lainnya.
Level Pendidikan SMA
(kelas 10 -12) dan setaranya
Kit
Fisika mencakup optik, mekanik, elektromagnet, magnet dan gelombang. Kit Kimia
meliputi kimia organik dan kimia anorganik.
Level Pelatihan
Vocational
Training
Panel System (TPS series) mencakup bidang elektikal, elektronik, otomotif,
pneumatis, hidrolik, refrigerasi dan fisika. Dengan peralatan seperti basic
electronic trainer, color TV/video/cassette trainer, AM/FM trainer, & servo
trainer dan lain sebagainya.
Level Universitas
Produk
untuk universitas masih terbatas pada beberapa alat experimen seperti Electron
Beam, Milikan Oil Drop, Franck Hertz's, Hall effect dan lainnya.
Berikut ini merupakan daftar alat-alat
yang diproduksi di Pudak yaitu:
KIMIA & UMUM
|
|||
Tabung
U
|
Catudaya
|
Saklar
Tipe Pisau
|
Pipa
Tiup
|
Sel
Konduktifitas
|
Transformator
|
Steker
Tumpuk
|
Botol
Cuci
|
Pipa
Penghubung
|
Pemegang
Batere
|
Kabel
penghubung
|
Botol
Tetes
|
Voltmeter
|
Pemegang
Bola Lampu Mes E10
|
Bak
|
Botol
Reagen Mulut Sempit
|
Ammeter
|
Bola
Lampu Mes E10
|
Pembangkit
Gas
|
Botol
Reagen Mulut Lebar
|
Galvanometer
|
Jepit
Buaya
|
Pipa
Alir
|
Botol
Reagen Bening
|
Meter
Dasar
|
Kabel
Berisolasi
|
Sendok
Pijar
|
Botol
Reagen Amber
|
Shunt
dan Pengganda
|
Kawat
|
Batang
Pengaduk
|
Wadah
|
Meter
Dasar 90
|
Kawat
Sekering
|
Buret
|
Cawan
Petri
|
Multitester
|
Kawat
Tembaga
|
Pembakar
Spritus
|
Pencacah
(Tally Counter)
|
Corong
|
Corong
Pemisah
|
Corong
Tistel
|
Kondensor
|
Kolom
|
Alat
Kimia Organik Semi Mikro
|
Elektrode
|
Voltameter
Hoffmann
|
Gelas
Kimia
|
Hidrometer
|
Kaca
Alroji
|
Kaca
Kobalt
|
Kasa
|
Segitiga
Porselen
|
Kawat
Inokulasi
|
Kertas
Saring
|
Klip
|
Krus
Porselen
|
Sarung
Tangan Karet
|
Labu
Erlenmeyer
|
Labu
|
Pelat
Tetes
|
Lumpang
dan Alu
|
Model
Molekul
|
Mistar
|
Jangka
Sorong
|
Mikrometer
|
Silinder
Ukur Plastik
|
Silinder
Ukur
|
Neraca
|
Stopwatch
|
Termometer
|
Termometer
Tipe Lapangan
|
Termometer
Dinding
|
Termometer
Maksimum Minimum
|
Pisau
Pemotong Pipa kaca
|
Perkakas
Elektronik
|
Penjepit
G
|
Timah
Solder
|
Pinggan
Penguap
|
Pipa
Kaca
|
Slang
Karet
|
Slang
PVC
|
Pipet
Tetes
|
Pipet
Ukur
|
Pipet
Gondok
|
Proyektor
Slaid
|
Sikat
Buret
|
Sikat
Tabung Reaksi
|
Sumbat
Gabus
|
Alat
Pelubang Gabus
|
Pengasah
Pelubang Gabus
|
Sumbat
Karet Pejal
|
Sumbat
Karet 1 Lubang
|
Sumbat
Karet 2 Lubang
|
Spatula
|
Sirin
|
Jarum
|
Statif
|
Batang
Statif
|
Penyumbat
Batang
|
Klem
Universal
|
Klem
Bosshead
|
Klem
Meja
|
Cincin
Bertangkai
|
Statif
|
Dongkrak
Serbaguna
|
Tabung
Contoh
|
Tabung
Reaksi
|
Penjepit
Tabung Reaksi
|
Rak
Tabung Reaksi
|
Tang
Krus
|
Alat
Pemusing
|
Tabung
Alat Pemusing
|
FISIKA
|
|||
Beban
Bercelah & Penggantung
|
Beban
Berkait
|
Katrol
|
Katrol
Ganda
|
Neraca
Pegas
|
Katrol
Meja
|
Kit
Tuas
|
Bidang
Miring & balok Peluncur
|
Kereta
Dinamika
|
Pewaktu
Ketik
|
Alat
Gaya Sentripetal
|
Bola
Logam
|
Tali
Karet
|
Materi
|
Pegas
Spiral
|
Bejana
Berhubungan
|
Bejana
Kapiler
|
Bejana
Luber
|
Ember
dan Silinder
|
Alat
Pascal
|
Penyelam
Kartesius
|
Bejana
|
Pesawat
Hartl
|
Tabung
Bernoulli
|
Pompa
|
Pompa
Vakum Tangan
|
Barometer
Aneroid
|
Alat
Hukum Boyle
|
Manometer
|
Alat
Tekan Evesham
|
Neraca
Inersial
|
Tangki
Riak (Ripple Tank)
|
Sonometer
|
Garpu
Tala
|
Pipa
Organa
|
Alat
Resonansi
|
Slinki
|
Perangkat
Gelombang Mikro
|
Bangku
Optik
|
Kotak
Cahaya
|
jarum
Pentul
|
Cermin
Datar
|
Cermin
|
Balok
Kaca
|
Prisma
|
Lensa
Bikonveks
|
Lensa
Bikonkaf
|
Sel
Matahari
|
Speltroskop
Pandang Langsung
|
Tabung
Spektrum
|
Catu
Daya Untuk Tabung Spektrum
|
Kisi
Difraksi
|
Filter
Polarisasi
|
Cakram
Warna
|
Model
Teori Kinetik
|
Alat
Hukum Charles
|
Alat
Muai Zat Cair
|
Alat
Muai Panjang Musschenbroek
|
Bimetal
|
Bola
dan Cincin
|
Kalorimeter
|
Kalorimeter
Joule
|
Alat
Konduksi Kalor
|
Alat
Konveksi Dalam Zat Cair
|
Alat
Konveksi Dalam Gas
|
Kubus
Leslie
|
Mesin
Uap
|
Pembangkit
Uap
|
Hambat
Geser / Rheostat
|
Kotak
Hambatan
|
Hambatan
Tetap
|
Diode
|
Jembatan
Wheatstone
|
Magnet
Batang
|
Magnet
U
|
MagnetJarum
Dengan Penumpu
|
Kompas
Perajah (Plotting Kompas)
|
Kompas
Magnetik
|
Bel
Listrik
|
Kumparan
Faraday
|
Motor
Listrik
|
Kumparan
Kawat Tembaga
|
Inti
U dan I
|
Alat
Penjepit
|
Kit
Elektrostatik
|
Osiloskop
Sinar Jatoda Jejak Ganda
|
Scaler
Counter
|
Generator
Frekuensi Audio
|
Pembangkit
Getaran
|
Osilator
Audio
|
Penguat
Frekuensi Audio
|
Pengeras
Suara
|
Hidrostatika
dan Panas
|
Mekanika
|
Optika
|
Listrik
|
BIOLOGI
|
|||
Komparator
Lingkungan
|
Kwadrat
|
Jala
Jeruk
|
Jala
Plankton
|
Jala
Serangga
|
Pooter
|
Vaskulum
|
Akuarium
|
Terarium
|
Insektarium
|
Kotak
Cacing Tanah
|
Pipa
Kapiler Bentuk J
|
Pipa
Kapiler
|
Respirometer
|
Potometer
|
Psikrometer
/ Atmometer
|
Alat
Audus
|
Kompas
/ Penyipat Arah
|
Bola
Dunia
|
Tata
Surya
|
Bola
Langit Transparan
|
Planetarium
|
Batuan
Beku
|
Mineral
/ Bijih Tambang
|
Batu
Endapan / Sedimen
|
Batuan
Malihan / Metamorfosa
|
Perlengkapan
Uji Tanah
|
Alat
Kapilaritas Tanah
|
Higrometer
Mason
|
Higrometer
|
Anemometer
|
Penakar
Curah Hujan
|
Mikroskop
|
Mikroskop
Stereo
|
Perangkat
Peralatan Mikroskop
|
Kaca
Benda
|
Kaca
Benda Kultur Mikro
|
Kaca
Penutup
|
Mikrotom
|
Kotak
Sediaan
|
Kaca
Pembesar
|
Panci
Bedah
|
Perangkat
Alat Bedah
|
Stetoskop
|
Sphygmomanometer
|
Panci
Tekan
|
Otoklaf
|
Kotak
Genetika
|
Model
Otak Manusia
|
Model
Mata Manusia
|
Model
Telinga Manusia
|
Model
Torso Wanita Tanpa Kepala
|
Model
Torso Laki-Laki
|
Model
Jantung Manusia
|
Model
Jakun Manusia
|
Model
Penampang Kulit Manusia
|
Model
Penampang Ginjal Manusia
|
Model
Rangka Manusia
|
Model
Hati
|
Model
Paru-Paru
|
Model
Lambung
|
Model
Gigi
|
Model
Lidah
|
Model
Syaraf
|
Model
Pinggul pria
|
Model
Pinggul Wanita
|
Model
Pencernaan
|
Model
Pernafasan
|
Model
Peredaran Darah
|
Model
Perkembangan Sel
|
Model
Perkembangan Janin
|
Model
Melahirkan
|
Model
Keluarga Berencana
|
Model
Monokotil
|
Model
Dikotil
|
Model
Belahan Bunga
|
Model
Putik
|
Model
Penyerbukan
|
Model
Ikan
|
Model
Buaya
|
Model
Katak
|
Model
Sapi
|
Model
tikus
|
Model
Ayam
|
Model
Cumi-Cumi
|
Mikroslaid
Lilium
|
Mikroslaid
Biologi I
|
Mikroslaid
Biologi II
|
Mikroslaid
Histologi Mamalia
|
ALAT VISUAL
|
|||
Peta
Langit
|
Sistem
Periodik Unsur-Unsur
|
Kelainan
Tulang
|
Struktur
Atom
|
DNA
dan RNA
|
Jenis
Bakteri
|
Sel
Darah
|
Struktur
Kristal
|
Hukum
Mendel
|
Daur
Hidup
|
Sejarah
Manusia
|
Optika
Fisik
|
Sistem
Organ
|
Habitat
|
Biologi
|
Fenomena
Gelombang
|
Anatomi
Manusia
|
Tumbuhan
Budi Daya dan Hewan Domestik
|
Spektrum
|
Spektrum
Atom
|
Mesin
|
Tumbuhan
dan Hewan Dilindungi
|
BAB III
PENUTUP
Sebagai
calon guru, tidak hanya memberikan perhatian pada praktikum, tapi juga harus melihat
pentingnya kegiatan praktikum apalagi pada pelajaran-pelajaran exact, dan kita
sebagai mahasiswa fakultas tarbiyah yang nantinya akan menjadi seorang guru
merupakan hal yang wajib untuk mengetahui pengetahuan yang berkaitan dengan
laboratorium, juga cara pembuatan alat peraga pendidikan MIPA.
Alat Peraga Pendidikan
dengan pendekatan “Learning by doing” secara aktif dan langsung memberikan
kemudahan bagi guru untuk melakukan demonstrasi atau pelaksanaan eksperimen
oleh siswa dengan cara yang sistematis dalam mempelajari konsep, teori dan
prinsip fungsi dari teknologi dan bidang keilmuan lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Kunjungan
ke Pudak Scientifict
Yunita.
2009. Panduan Pengeloloaan Laboratorium Kimia. Bandung: INSAN MANDIRI
Lampiran
0 komentar:
Posting Komentar