-->

Minggu, 18 Desember 2011

Pudak Scientific


BAB 1
PENDAHULUAN

1.             LATAR BELAKANG
Sekitar 300 tahun yang lalu John Locke menyatakan bahwa anak-anak memerlukan hal-hal praktisi dalam pendidikannya. Ilmu kimia adalah ilmu yang berlandaskan eksprimen, sejak tahun 1882 Kementrian Pendidikan Kerajaan Inggris memgumumkan  bahwa pembelajaran sains di sekolah harus disertai praktikum. Namun kebanyakan orang selalu melakukan demonstrasi eksperimennya saja tanpa melakukan dan mencoba praktikum itu sendiri. Pada tahun 1960-1970 pengaruh pembaharuan terhadap praktikum menjadikan salah satu cara belajar yang efektif dan menyenangkan. Laboratorium juga sebagai sarana belajar untuk menunjang keberhasilan pembelajaran kimia. Dalam pelajaran kimia, praktikum deskripsi, teori dipadukan dan saling berkaitan dalam hal tertentu. Praktikum digunakan untuk menyelesaikan, melihat persoalan, mengembangkan pola konsep dan teori, bukan mengilustrasikan teori atau materi yang sudah diajarkan.
Melihat kenyataan dilapangan bahwa kurangnya keinginan guru IPA pada umumnya yang kurang memberikan perhatian pada praktikum, maka diadakan kunjungan ke Pudak Scientific (tempat produksi alat peraga pendidikan). Selain dari itu melihat pentingnya kegiatan praktikum apalagi pada pelajaran-pelajaran exact, dan kita sebagai mahasiswa fakultas tarbiyah yang nantinya akan menjadi seorang guru merupakan hal yang wajib untuk mengetahui pengetahuan yang berkaitan dengan laboratorium.
            Pudak  adalah nama salah satu jenis bunga yang sangat harum baunya dan umumnya tumbuh di pulau Jawa. Pudak Scientifict didirikan pada tahun 1979 di Bandung. Sejak awal, Pudak Scientifict memiliki tujuan untuk menjadi mitra terpercaya dalam bidang alat  pendidikan, Pudak Scientifict  melakukan pengembangan, produksi dan distribusi berbagai jenis produk alat peraga pendidikan untuk jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan termasuk juga Universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Pudak Scientifict memiliki lebih dari 3000 item produk dengan 30000 komponen/suku cadang. Produk mulai dari alat peraga sederhana sampai dengan Trainer System yang canggih. Mulai dari alat tunggal (single item) sampai dengan set alat berupa Kit Modular. Pada saat ini Pudak ada yang di jalan Pudak dan ada juga yang di Gedebage. Saat ini luas Pudak menempati  areal seluas 3,2 hektar dan bangunan seluas 12.000 m2 untuk kegiatan administrasi, fasilitas produksi dan gudang. Dan  saat ini ± 500 orang staff dan tenaga ahli dikombinasikan dengan teknik produksi dan manajemen yang modern menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif.

2.             RUMUSAN MASALAH
Pengetahuan, terutama keterampilan tidak dapat diperoleh hanya dengan membaca buku dan mendengarkan penjabaran secara lisan.  Akan sangat memudahkan bagi siswa untuk belajar dengan sesuatu yang nyata, dibandingkan dengan hanya kata-kata dan atau sesuatu yang abstrak. Disini alat peraga pendidikan memegang peranan penting untuk menjadikan proses belajar yang efektif. Penting juga untuk mengetahui cara pembuatan dari alat peraga pendidikan.
3.             TUJUAN
Makalah ini disusun dengan tujuan:
*             Salah satu media untuk memahami jawaban atas problematika pengelolaan laboratorium  sebagai sarana untuk menambah wawasan mengenai ilmu exact yng banyak didapatkan dari praktikum.
*              Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah pengelolaan laboratorium pada program studi Pendidikan Kimia semester 2.
*              Salah satu fasilitas menumbuhkembangkan kompetensi peningkatan kemampuan pengetahuan sikap, nilai, dan keterampilan agar direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari
*             Menyadarkan akan keterbatasan alat.
*             Melatih keterampilan dalam menggunakan alat gelas, zat kimia, dan instrumen.
*             Mengetahui cara pembuatan alat peraga pendidikan MIPA, termasuk alat-alat kimia seperti dalam pembuatan gelas kimia, tabung reaksi dan sebagainya.
*             Membiasakan dengan alat-alat dan teknik yang berkaitan dengan bagian dari konsep yang abstrak.





BAB II
PEMBAHASAN

Pudak Scientific dengan segenap usaha mengembangkan alat peraga pendidikan yang dirancang dan dikembangkan secara menyeluruh sesuai prinsip ilmiah dan kepadanan pada metode dan didaktika mulai tingkat dasar sampai tingkat lanjut.
Pada saat kami melakukan kunjungan ke Pudak, kami di bagi menjadi empat kelompok, dari beberapa kelompok tersebut ada yang melihat-lihat di gudang bahan baku, gudang komponen, tempat perakitan, tempat packing, tempat pemeriksaan, showroom, ke ruang CNC, atau di tempat pendistribusian. Di ruang pengemasan dan pengiriman barang banyak sekali barang-barang yang sudah siap untuk dikirim ke berbagai daerah, salah satunya ada hidrostatika dan panas, mikroskop, globe, kit, alat penyambung rangkaian listrik, dan sebagainya. Di ruang perakitan salah satunya ada standbase, karet, plastik, balok gesek, plat besi, plat aluminium, perakitan motor, dan sebagainya.
Saat kunjungan  ke pudak ada satu ruangan yang dilarang diambil fotonya,  ruang tersebut adalah ruang CNC. Di ruangan tersebut terdapat mesin-mesin yang diprogram untuk membuat  peralatan-peralatan laboratorium, baik itu kit maupun peralatan-peralatan lainnya.
Hampir keseluruhan peralatan pendidikan dihasilkan sendiri di pabrik Pudak. Pengelolaan yang baik digabungkan dengan “cost effective manufacturing process”, menghasilkan kualitas produk yang konsisten dengan biaya produksi yang rendah. Sehingga menghasilkan produk berkualitas dengan harga kompetitif yang merupakan keuntungan bagi kustomer.
Produk peralatan pendidikan produksi Pudak Scientific sudah digunakan secara luas pada sekolah-sekolah negeri maupun swasta di seluruh Indonesia, dan telah di ekspor ke berbagai Negara tetangga. Seperti ke negara-negara di kawasan Asia dan sebagian Negara yang ada di Eropa, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, Jerman, Inggris dan lainnya.
Staff penjualan dan pemasaran yang dinamis dengan sistem otomasi database sales siap melayani customer dengan cepat dan terpercaya.
Pudak hanya memiliki satu kantor cabang yang ada di Jakarta, tetapi untuk pemasaran pudak memiliki agen-agen distributor. Dan harga jual dari produk-produk pudak baik yang dibeli di pudak langsung, di agen-agen, maupun di toko-toko memiliki harga jual yang sama.
Di Pudak produk alat peraga dibuat mulai dari desain rancangan CAD, pembuatan prototype, pemesinan dengan CNC, pembuatan matres plastik dan seterusnya sampai selesai dengan didukung oleh divisi dibawah ini:
*        Divisi Perakitan Mekanika
*        Divisi Perakitan Elektronika
*        Divisi Pengerjaan Gelas
*        Divisi Pengerjaan Logam
*        Divisi Mould Making
*        Divisi Plastik
*        Divisi Pengerjaan Kayu
*        Divisi Optika
*        Divisi Kualitas Kontrol (QC)
Komponen-komponen peralatan yang dibuat dari material berkualitas sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan tahan lama, antara lain:
*      Glassware menggunakan bahan kaca borosilikat untuk tahan panas.
*      Lensa, prisma dan balok kaca dari bahan kaca optik.
*       Komponen plastik cetakan menggunakan plastik ABS dan PS-HI untuk kekuatan/ daya tahan dan plastik SAN atau PC untuk komponen transparan.
*      Baja nirkarat digunakan untuk menggantikan penggunaan besi berlapis cat atau krom.
*      Alumunium cetak Die cast dan Alumunium ekstruksi yang di-Anodized.
*      Konektor bahan kuningan berlapis nikel untuk resistansi yang minimum.
*      Cat serbuk (powder coating) digunakan pada komponen berbahan besi untuk tahan karat dan tahan gores.
Pudak menyediakan peralatan sains yang terdiri dari:
*      Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Kimia, Biologi).
*      Matematika.
*      Alat Pelatihan Vocational.
*      Furnitur untuk Laboratorium.
Contoh dari Peralatan Sains berdasarkan jenjang pendidikan, antara lain:
*      Level Usia Dini
Dibuat dari kayu ditujukan untuk alat bantu ajar pada anak usia dini dalam program PADU (Produk dengan seri APE).
*      Level Sekolah Dasar dan setaranya
Kit IPA - SD dan SEQIP (alat peraga sains komplit yang dikemas dalam lemari)
*      Level Pendidikan SMP (kelas 7-9) dan setaranya
Kit Fisika mencakup optik, mekanik, elektrik, hidrostatik dan panas. Kit Kimia ( kit materi dan perubahannya) untuk pengenalan dasar kimia termasuk destilasi dan lainnya. 
*      Level Pendidikan SMA (kelas 10 -12) dan setaranya
Kit Fisika mencakup optik, mekanik, elektromagnet, magnet dan gelombang. Kit Kimia meliputi kimia organik dan kimia anorganik.
*      Level Pelatihan Vocational
Training Panel System (TPS series) mencakup bidang elektikal, elektronik, otomotif, pneumatis, hidrolik, refrigerasi dan fisika. Dengan peralatan seperti basic electronic trainer, color TV/video/cassette trainer, AM/FM trainer, & servo trainer dan lain sebagainya.
*      Level Universitas
Produk untuk universitas masih terbatas pada beberapa alat experimen seperti Electron Beam, Milikan Oil Drop, Franck Hertz's, Hall effect dan lainnya.
Berikut ini merupakan daftar alat-alat yang diproduksi di Pudak yaitu:
KIMIA & UMUM
Tabung U
Catudaya
Saklar Tipe Pisau
Pipa Tiup
Sel Konduktifitas
Transformator
Steker Tumpuk
Botol Cuci
Pipa Penghubung
Pemegang Batere
Kabel penghubung
Botol Tetes
Voltmeter
Pemegang Bola Lampu Mes E10
Bak
Botol Reagen Mulut Sempit
Ammeter
Bola Lampu Mes E10
Pembangkit Gas
Botol Reagen Mulut Lebar
Galvanometer
Jepit Buaya
Pipa Alir
Botol Reagen Bening
Meter Dasar
Kabel Berisolasi
Sendok Pijar
Botol Reagen Amber
Shunt dan Pengganda
Kawat
Batang Pengaduk
Wadah
Meter Dasar 90
Kawat Sekering
Buret
Cawan Petri
Multitester
Kawat Tembaga
Pembakar Spritus
Pencacah (Tally Counter)
Corong
Corong Pemisah
Corong Tistel
Kondensor
Kolom
Alat Kimia Organik Semi Mikro
Elektrode
Voltameter Hoffmann
Gelas Kimia
Hidrometer
Kaca Alroji
Kaca Kobalt
Kasa
Segitiga Porselen
Kawat Inokulasi
Kertas Saring
Klip
Krus Porselen
Sarung Tangan Karet
Labu Erlenmeyer
Labu
Pelat Tetes
Lumpang dan Alu
Model Molekul
Mistar
Jangka Sorong
Mikrometer
Silinder Ukur Plastik
Silinder Ukur
Neraca
Stopwatch
Termometer
Termometer Tipe Lapangan
Termometer Dinding
Termometer Maksimum Minimum
Pisau Pemotong Pipa kaca
Perkakas Elektronik
Penjepit G
Timah Solder
Pinggan Penguap
Pipa Kaca
Slang Karet
Slang PVC
Pipet Tetes
Pipet Ukur
Pipet Gondok
Proyektor Slaid
Sikat Buret
Sikat Tabung Reaksi
Sumbat Gabus
Alat Pelubang Gabus
Pengasah Pelubang Gabus
Sumbat Karet Pejal
Sumbat Karet 1 Lubang
Sumbat Karet 2 Lubang
Spatula
Sirin
Jarum
Statif
Batang Statif
Penyumbat Batang
Klem Universal
Klem Bosshead
Klem Meja
Cincin Bertangkai
Statif
Dongkrak Serbaguna
Tabung Contoh
Tabung Reaksi
Penjepit Tabung Reaksi
Rak Tabung Reaksi
Tang Krus
Alat Pemusing
Tabung Alat Pemusing




FISIKA
Beban Bercelah & Penggantung
Beban Berkait
Katrol
Katrol Ganda
Neraca Pegas
Katrol Meja
Kit Tuas
Bidang Miring & balok Peluncur
Kereta Dinamika
Pewaktu Ketik
Alat Gaya Sentripetal
Bola Logam
Tali Karet
Materi
Pegas Spiral
Bejana Berhubungan
Bejana Kapiler
Bejana Luber
Ember dan Silinder
Alat Pascal
Penyelam Kartesius
Bejana
Pesawat Hartl
Tabung Bernoulli
Pompa
Pompa Vakum Tangan
Barometer Aneroid
Alat Hukum Boyle
Manometer
Alat Tekan Evesham
Neraca Inersial
Tangki Riak (Ripple Tank)
Sonometer
Garpu Tala
Pipa Organa
Alat Resonansi
Slinki
Perangkat Gelombang Mikro
Bangku Optik
Kotak Cahaya
jarum Pentul
Cermin Datar
Cermin
Balok Kaca
Prisma
Lensa Bikonveks
Lensa Bikonkaf
Sel Matahari
Speltroskop Pandang Langsung
Tabung Spektrum
Catu Daya Untuk Tabung Spektrum
Kisi Difraksi
Filter Polarisasi
Cakram Warna
Model Teori Kinetik
Alat Hukum Charles
Alat Muai Zat Cair
Alat Muai Panjang Musschenbroek
Bimetal
Bola dan Cincin
Kalorimeter
Kalorimeter Joule
Alat Konduksi Kalor
Alat Konveksi Dalam Zat Cair
Alat Konveksi Dalam Gas
Kubus Leslie
Mesin Uap
Pembangkit Uap
Hambat Geser / Rheostat
Kotak Hambatan
Hambatan Tetap
Diode
Jembatan Wheatstone
Magnet Batang
Magnet U
MagnetJarum Dengan Penumpu
Kompas Perajah (Plotting Kompas)
Kompas Magnetik
Bel Listrik
Kumparan Faraday
Motor Listrik
Kumparan Kawat Tembaga
Inti U dan I
Alat Penjepit
Kit Elektrostatik
Osiloskop Sinar Jatoda Jejak Ganda
Scaler Counter
Generator Frekuensi Audio
Pembangkit Getaran
Osilator Audio
Penguat Frekuensi Audio
Pengeras Suara
Hidrostatika dan Panas
Mekanika
Optika
Listrik
 

BIOLOGI
Komparator Lingkungan
Kwadrat
Jala Jeruk
Jala Plankton
Jala Serangga
Pooter
Vaskulum
Akuarium
Terarium
Insektarium
Kotak Cacing Tanah
Pipa Kapiler Bentuk J
Pipa Kapiler
Respirometer
Potometer
Psikrometer / Atmometer
Alat Audus
Kompas / Penyipat Arah
Bola Dunia
Tata Surya
Bola Langit Transparan
Planetarium
Batuan Beku
Mineral / Bijih Tambang
Batu Endapan / Sedimen
Batuan Malihan / Metamorfosa
Perlengkapan Uji Tanah
Alat Kapilaritas Tanah
Higrometer Mason
Higrometer
Anemometer
Penakar Curah Hujan
Mikroskop
Mikroskop Stereo
Perangkat Peralatan Mikroskop
Kaca Benda
Kaca Benda Kultur Mikro
Kaca Penutup
Mikrotom
Kotak Sediaan
Kaca Pembesar
Panci Bedah
Perangkat Alat Bedah
Stetoskop
Sphygmomanometer
Panci Tekan
Otoklaf
Kotak Genetika
Model Otak Manusia
Model Mata Manusia
Model Telinga Manusia
Model Torso Wanita Tanpa Kepala
Model Torso Laki-Laki
Model Jantung Manusia
Model Jakun Manusia
Model Penampang Kulit Manusia
Model Penampang Ginjal Manusia
Model Rangka Manusia
Model Hati
Model Paru-Paru
Model Lambung
Model Gigi
Model Lidah
Model Syaraf
Model Pinggul pria
Model Pinggul Wanita
Model Pencernaan
Model Pernafasan
Model Peredaran Darah
Model Perkembangan Sel
Model Perkembangan Janin
Model Melahirkan
Model Keluarga Berencana
Model Monokotil
Model Dikotil
Model Belahan Bunga
Model Putik
Model Penyerbukan
Model Ikan
Model Buaya
Model Katak
Model Sapi
Model tikus
Model Ayam
Model Cumi-Cumi
Mikroslaid Lilium
Mikroslaid Biologi I
Mikroslaid Biologi II
Mikroslaid Histologi Mamalia





ALAT VISUAL
Peta Langit
Sistem Periodik Unsur-Unsur
Kelainan Tulang
Struktur Atom
DNA dan RNA
Jenis Bakteri
Sel Darah
Struktur Kristal
Hukum Mendel
Daur Hidup
Sejarah Manusia
Optika Fisik
Sistem Organ
Habitat
Biologi
Fenomena Gelombang
Anatomi Manusia
Tumbuhan Budi Daya dan Hewan Domestik
Spektrum
Spektrum Atom
Mesin
Tumbuhan dan Hewan Dilindungi









BAB III
PENUTUP

Sebagai calon guru, tidak hanya memberikan perhatian pada praktikum, tapi juga harus melihat pentingnya kegiatan praktikum apalagi pada pelajaran-pelajaran exact, dan kita sebagai mahasiswa fakultas tarbiyah yang nantinya akan menjadi seorang guru merupakan hal yang wajib untuk mengetahui pengetahuan yang berkaitan dengan laboratorium, juga cara pembuatan alat peraga pendidikan MIPA.
 Alat Peraga Pendidikan dengan pendekatan “Learning by doing” secara aktif dan langsung memberikan kemudahan bagi guru untuk melakukan demonstrasi atau pelaksanaan eksperimen oleh siswa dengan cara yang sistematis dalam mempelajari konsep, teori dan prinsip fungsi dari teknologi dan bidang keilmuan lainnya.




















DAFTAR PUSTAKA

Kunjungan ke Pudak Scientifict
Yunita. 2009.  Panduan Pengeloloaan Laboratorium Kimia. Bandung: INSAN MANDIRI
























Lampiran






R&D
Warehouse








           






cnc
takisawaex











      
tampatatasmatres                   















gelas
pon







0 komentar:

Poskan Komentar